MAHASISWA FKM UHO RAIH JUARA 1 NATIONAL BUSINESS PLAN COMPETITION

Sabtu (04/05/2024) Yafia Amelia, berhasil meraih Juara 1 lomba National Business Plan Competition yang diadakan langsung oleh Himpunan Mahasiswa Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Jambi. Tujuan lomba tersebut dilaksanakan untuk mengembangkan Inovasi dan Kreatifitas dalam perkembangan Kearifan Lokal di Era Digital.

Perlombaan dimulai dari seleksi BMC (Business Model Canvas) yang diikuti oleh 75 peserta dari seluruh universitas yang ada di Indonesia, kemudian masuk ke tahap seleksi penyusunan proposal dimana terdapat 5 tim yang lolos untuk semi-final termasuk tim yafia amelia menjadi salah satunya yang lolos.

”Awalnya saya hanya diajak untuk mengikuti lomba national business plan competition, tapi saya agak ragu karena merasa itu bukan bidang saya. tetapi melihat dari tema yang diangkat “Inovatif & Kreatifitas: Perkembangan Kearifan Lokal di Era Digital” saya akhirnya terpikirkan bahwa salah satu kearifan lokal yaitu pangan Sulawesi tenggara kini makin lama makin terkikis. Pengelolaannya juga hanya sebatas pangan harian saja. Pemanfaatannya pun belum begitu optimal. Hal ini ditakutkan akan berdampak buruk pada komoditas petani lokal. akhirnya saya memutuskan untuk ikut serta dalam lomba ini karena lomba ini juga berperan dalam pemberdayaan masyarakat dimana seorang kesehatan masyarakat juga berperan penting dalam pemberdayaan masyarakat. saya dan rekan tim saya bekerja sama menyelesaikan produk kami yaitu MOGO Chips (Moringa Sago Coconut Chips) produk camilan sehat yang mengangkat kearifan pangan lokal Sulawesi Tenggara”, ujar yafia amelia.

Di balik keberhasilannya dia juga ucapkan terima kasih kepada kak Nurul ‘Ariyfatun ‘Aziyza dan kak Irmala Dewi (Mahasiswi FEB UHO Angkatan 2021) yang telah mengajaknya sekaligus menuntun dia dalam pelaksanaan lomba ini.

”saya bukan apa-apa tanpa bantuan dan topangan mereka. Kerja keras kami dalam lomba ini membuahkan hasil dan itu adalah hal yang sangat kita syukuri mengingat kita berusaha memaksimalkan lomba juga sambil mengikuti perkuliahan yang begitu padat”, tuturnya.

Pimpinan Redaksi: Indah Nur Hasanah, Redaksi: Rika Astrika Reski, Editor: Mawar Yanti Indah, Web Akun: Dea Aisyah Putri