Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Lokasi Kelurahan Purirano Kecamatan Kendari Kota Kendari
PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) yang dimulai pada Tanggal 28 Juni 2018 dan akan berakhir pada Tanggal 28 Juli 2018. PBL (Pengalaman Belajar Lapangan) yang dilakukan adalah PBL yang di Terintegrasi dimana sebelumnya PBL di laksanakan 3 kali (PBL 1,2,3) dengan waktu yang berbeda namun kali ini PBl dilaksanakan 1 dan 2 sekaligus dengan kurun waktu Sebulan.
Pada tanggal 28 Juni dilakukan Pelapasan di Fakultas Kesehatan Mayarakat yang di damping oleh Dekan FKM UHO,Ketua Jurusan dan sejumlah dosen. Setelah itu peserta PBL berangkat ke Kecamatan Kendari untuk melakukan Penerimaan, dilanjutkan dengan Penerimaan di Kelurahan Purirano sebagai salah satu lokasi PBL selama sebulan kedepan, yang didampingi oleh Lurah Purirano Bapak Ferry Irawan S.Sos dan Dosen Pembimbing Bapak Ambo Sakka S.K.M M.A.R.S.
Hari pertama kegiatan diawali dengan melakukan kerja bakti untuk membereskan Rumah dan mengatur barang-barang. Malamnya menyusun rencana kegiatan, daftar piket, absensi dan lain-lain. Pada Tanggal 30 Juni 2018 dilakukan survei lokasi yang dimulai dari RT 1 sampai RT 7 sekitar 4 Km berjalanan kaki bersama semua anggota kolompok yang di dampingi Bapak Taufik selaku Ketua RT 4 di kelurahan Purirano.
Senin  2 Juli 2018, dilakukan sosialisasi awal dalam rangka pengenalan dan penyampaian tujuan sebagai Mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat menetap selama sebulan di Kelurahan Purirano. kegiatan tersebut dihadiri Sekertaris Lurah, Ketua-ketua RW dan RT dan tokoh adat dan tokoh masyarakat serta dosen pembimbing. Hari Selasa- Jumat dilakukan pengambilan data dan penginputan data dengan jumlah sampel sebanyak 100. Pada saat pengambilan data mahasiswa peserta PBL dibagi menjadi 7 kelompok sesuai dengan jumalah RT dikeluurahan Purirano dengan jumlah koesioner sekitar 14-15 per kelompoknya. Untuk kelompok 6 dan 7 kami melakukan pendataan bersama-sama di karena jarak dan tempat  tinggal warga yang terpisah-pisah.
Pada hari jumat dilakukan kerja bakti di kantor Lurah Purirano bersama-sama dengan Ketua RT Kelurahan Purirano. Hari selanjutnya Kordinatoor Kelurahan di bantu anggota kelompok melakukan maaping untuk menentukan siapa-siapa saja warga yang telah di ambil datanya. Malamnya dilanjutkan dengan melakukan briefing dan diskusi bersama Pembimbing untuk membahas rencana kegiatan selanjutnya karena untuk penginputan data sudah hampir rampung.