Pembuatan Jamban Percontohan di Kelurahan Purirano

Setelah 2 pekan melaksanakan PBL 1, dengan melakukan pendataan dan mengidentifikasi masalah  kesehatan di Kelurahan Purirano. Minggu ini telah masuk ke PBL 2 , Dimana akan dilakukan intervensi terkait masalah-masalah kesehatan di Kelurahan Purirano, dengan 4 prorioritas masalah di antaranya masalah  jamban, masalah SPAL (Saluran Pembuangan Air Limbah), masalah tempat sampah, dan masalah PHBS (Penggunaan Garam beryodium dan bahaya Merokok).

Bentuk intervensi awal yang dilakukan adalah pembuatan Jamban Percontohan dengan menggunakan beberapa ban bekas, pembuatan jamban percontohan di lakukan di salah satu wilayah Kelurahan Purirano tepatnya di RT 7 berdasarkan kesepakatan bersama dengan ketua RT dan warga Kelurahan. Purirano saat brainstorming ke 2. RT 7 merupakan wilayah yang sebagian warganya belum memiliki jamban.

Untuk pembuatan jamban percontohan itu sendiri, selain mengunnakan 4 ban bekas (ban mobil) juga menggunakan batu krikil, pasir, dan sabuk kelapa sebagai media penyaringannya. Dengan pembuatan memakan waktu sekitar 2 hari. Pembuatan jamban percontohan ini kami di bantu oleh masyarakat Kel. Purirano dengan biaya swadaya masyarakat