Optimalisasi Lahan Pekarangan Rumah Warga Kelurahan Kadia Bersama Mahasiswa Peserta KKN Tematik UHO

Pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat yang terintegrasi dengan Kuliah Kerja Nyata (KKN) tematik Universitas Halu Oleo (UHO) 2023 di Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) resmi diterima pemerintah kelurahan setempat, Senin (01/8/2023).

Ketua Tim Dosen Pembimbing Lapangan Dr. Jafriati ,S.Si., M.Si. mengatakan, tema KKN Tematik ini adalah “Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) dan Penyuluhan PHBS sebagai upaya Peningkatan Kesehatan Masyarakat di Kelurahan Kadia, Kecamatan Kadia Kota Kendari”. Jumlah mahasiswa yang mengikuti KKN Tematik UHO 2023 ini sebanyak 15 orang yang terdiri dari mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) dan Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Halu Oleo dan di damping oleh 6 orang Dosen Pembimbing yaitu Dr. Jafriati, S.Si., M.Si ; Dr. Asnia Zainuddin., M.Kes ; Dr. Nani Yuniar, M.Kes ; Harleli, S.ST., M.Kes ; Fifi Nirmala G, S.Si., M.Kes dan Dr. Syawal Kamiluddin Saptaputra, SKM., M.Kes.

Kegiatan KKN Tematik diantaranya memberikan bimbingan tekhnis kepada masyarakat agar memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk Tanaman Obat Keluarga (TOGA), memberikan pengetahuan tentang manfaat dan khasiat tanaman Obat untuk kebugaran tubuh, alternatif obat atau untuk pencegahan penyakitserta cara pengolahan TOGA.

Selain itu kegiatan yang akan dilakukan adalah memberikan penyuluhan mengenai perilaku Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan meningkatkan kualitas hidup dimulai dari tingkat keluarga atau rumah tangga, lingkungan sekolah dan masyarakat luas.

Lurah Kadia, Bapak Yance Sampe, SE., M.M. mengatakan sangat senang menerima peserta KKN Tematik di Kelurahan Kadia. Lurah Kel. Kadia sangat berharap peserta KKN Tematik bisa memberikan pemahaman pada masyarakat tentang pentingnya pemanfaatan pekarangan dan juga penyuluhan PHBS. Peserta KKN Tematik bisa bekerjasama dengan Ibu-ibu Dasa Wisma untuk kesuksesan program ini.

Diharapkan dalam pelaksanaannya, mahasiwa juga bisa ikut aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang dilaksanakan oleh pemerintah kelurahan dalam menjalankan tugasnya sebagai pelayan masyakat, apalagi bertepatan dengan perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 Tahun.

Redaksi: Winarzih, Narator : Sukmawati, Editor : Rosmini, Web Akun : Asri Wahyuni supported by health proz