Mahasiswa KKN-PPM FKM UHO Melatih Masyarakat Desa Cialam Jaya Untuk Memanfaatkan Daun Pepaya dalam Pembuatan Insektisida Alami Pencegahan Penyakit Malaria

KONDA – Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo Kendari menggelar kegiatan sosialisasi Pembuatan dan Pemanfaatan insektisida alami ekstrak daun pepaya sebagai upaya menghindari kejadian penyakit malaria di balai desa Cialam Jaya, Rabu (11/07/19).

KKN-PPM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo yang beranggotakan 20 Orang diantaranya 6 orang laki-lakki dan 14 orang perempuan dari berbagai peminatan ini mengabdi di Desa Cialam Jaya yang didampingi oleh tim dosen pelaksana, yaitu Dr. Yusuf Sabilu, M.Si, Dr. Nani Yuniar, S.Sos., M.Kes dan Dr. Asnia Zainuddin, M.Kes..selama kurang lebih 30 hari.

Sosialisasi  ini diikuti oleh aparat desa dan sebagian besar masyarakat Cialam Jaya yang mayoritas berprofesi sebagai petani. Kegiatan ini diawali dengan pembagian pre test sebagai tolak ukur keberhasilan sosialisasi yang diadakan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh salah satu mahasiswa KKN-PPM saudari Andi Fadhilla Rustam yang selanjutnya diikuti dengan tahap Praktek pembuatan Insektisida alami dari ekstrak daun pepaya secara sederhana yang didampingi oleh dosen pembimbing Ibu Dr. Nani Yuniar, S.Sos., M.Kes dan Dr. Asnia Zainuddin, M.Kes. kegiatan ini ditutup dengan pembagian post test dan pemeriksaan kesehatan Gratis. Rangkaian kegiatan ini dimeriahkan pembagian doorprize dengan cara diundi.

Dalam kegiatan ini salah satu mahasiswa KKN-PPM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo Kendari mengungkapkan bahwa dengan kegiatan ini, pemberdayaan potensi lokal dapat dikembangkan khususnya dengan pemanfaatan Ekstrak Daun Pepaya sebagai Insektisida Alami yang dapat diaplikasikan secara sederhana oleh masyarakat setempat.

“Alasan pemilihan desa Cialam Jaya didasarkan oleh kondisi geografis yang dimana daerah ini terdapat didominasi oleh area persawhan yang menjadi salah satu reservoir untuk nyamuk Anopheles aconitus sebagai vektor penyakit malaria” ungkap Dr. Nani Yuniar, S.Sos., M.Kes.

Kades Cialam Jaya, mengapresiasi kegiatan KKN-PPM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo Kendari sebab kegiatan ini menjadi peluang masyarakat agar dapat menyadari dan memanfaatkan potensi yang ada untuk bisa menanggulangi kejadian malaria secara alami dan ekonomis. Selain itu kades berharap agar seluruh kegiatan yang diusung oleh mahasiswa KKN-PPM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo Kendari dapat berjalan dengan baik.

Oleh : TIM KKN-PPM Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo Kendari