KOLABORASI FKM UHO BERSAMA UNIVERSITY KEBANGSAAN MALAYSIA

Pada Sabtu (10/02/2024) sampai Rabu (15/02/2024), University Kebangsaan Malaysia melakukan kegiatan bersama FKM UHO dengan program “Screening atau pemeriksaan kesehatan mata” yang merupakan program utama, “Pemberiaan edukasi dan Pemeriksaan Kesehatan”, dan Kuliah Bersama mahasiswa FKM UHO dan Mahasiswa University Kebangsaan Malaysia.

Kegiatan pertama dilakukan pada tanggal 11 Februari yaitu Screening Kesehatan Mata di Desa Binaan yaitu Desa Wawatu serta memberikan edukasi terkait pencegahan kekurangan vitamin A melalui suplemen dan gizi seimbang sekaligus pemeriksaan Kesehatan seperti Gula Darah, Kolesterol dan Asam Urat.

Kegiatan kedua, pada tanggal 12 Februari juga dilakukan screening atau pemeriksaan Kesehatan mata di SDN 2 Bokori Kecamatan Soropia dengan Program “Klinik Optometri Bergerak” yang dilakukan oleh Mahasiswa University Kebangsaan Malaysia. Pemeriksaan Kesehatan mata ini dilakukan pada siswa/i kelas 1-6 begitu pula gurunya. Setelah dilakukan screening ditemukan lebih dari 10 anak yang mengalami masalah Kesehatan mata, pada kegiatan ini juga diberikan kacamata gratis secara langsung pada anak yang matanya minus. Sedangkan pada gurunya, selain diberikan pemeriksaan Kesehatan mata juga diadakan pelatihan screening mata yang bertujuan agar guru-guru bisa mengetahui cara agar bisa mendeteksi Kesehatan mata atau mata bermasalah pada muridnya

Pada kegiatan terakhir atau kegiatan ketiga dilakukan pada tanggal 13 februari yaitu kuliah Bersama di FKM UHO oleh Bapak Ramadhan Tosepu S.KM., M.Kes, Ph,D. Setelah perkuliahan dilanjutkan dengan kuliah tamu dengan tema Internasional Guest Lecture oleh Prof. Madya Dr. Haliza Abdul Mutalib dan Prof. Madya Dr. Mohd Izzuddin Hairol.

Pimpinan Redaksi: Indah Nur Hasanah, Redaksi: Rika Astrika Reski, Editor: Mawar Yanti indah, Web Akun: Dea Aisyah Putri