HOTC FKM UHO KOLABORASI BERSAMA KELOMPOK 18 PBL DESA LAPUKO LAKSANAKAN PENGABDIAN  KEPADA MASYARAKAT BERBASIS DESA BINAAN  DENGAN TEMA PROGRAM “KELUARGA CETAR (CERDAS TANPA ROKOK)” DI SMAN 5 KONSEL DAN SMPN 4 KONSEL

Tim HOTC FKM UHO bersama dengan mahasiswa kelompok 18 PBL Desa Lapuko melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berlokasi di SMPN 4 Konsel dan SMAN 5 Konsel pada hari Senin (31/07/2023).

Dalam upaya pencegahan perilaku merokok dikalangan remaja, tim HOTC FKM bersama PBL Desa Lapuko melakukan kegiatan penyuluah tentang rokok dan bahayanya di SMPN 4 Konsel dan SMAN 5 Konsel. Berdasarkan data, Indonesia merupakan negara perokok dengan urutan ke-3 tertinggi di dunia setalah Cina (WHO, 2008). Tentunya hal ini menjadi sesuatu yang harus segera diatasi, untuk itu Tim HOTC bersama mahasiswa PBL Desa Lapuko melakukan kegiatan penyuluhan di dua sekolah yang berada di Kecamatan Moramo Kabupaten Konawe Selatan.

Kegiatan ini dilakukan pagi hari di SMPN 4 Konsel kemudian dilanjutkan pada siang hari di SMAN 5 Konsel. Rangkaian kegiatan yang dilakukan di SMPN 4 Konsel dimulai dengan perkenalan mahasiswa PBL, dilanjutkan dengan pembagian Pree-test. Setelah siswa/siswi menyelesaiakan Pree-test, mahasiswa kemudian memberikan penyuluahan tentang bahaya rokok. Untuk memambah pengetahuan dan melihat seberapa faham siswa/siswi SMPN 4 Konsel dengan materi yang di bawakan, maka kegiatan  berikutnya mahasiswa PBL memberikan Games Ranking Satu kepada seluruh peserta yang berada di ruangan.

Untuk rangkaian kegiatan penyuluhan yang dilakukan di SMAN 5 Konsel sedikit berbeda dengan yang telah dilakukan sebelumnya. Pada penyuluhan di SMAN 5 Konsel selain pemberian Pree-test dan pemberian materi penyuluhan, mahasiswa juga menampilkan role play sebagai metode penyuluhan lainnya. Harapanya setelah menonton role play  pengetahuan dan kesadaran siswa/siswi semakin bertambah. Selain itu mahaiswa juga menampilkan Video singkat tentang bahaya dan penyakit akibat rokok. Diakhir kegiatan Siswa/siswi SMAN 5 Konsel melakukan ikrar untuk tidak merokok sekaligus melantik dua orang siswa/siswi SMAN 5 Konsel sebagai Duta Remaja Sehat Kecamatan Moramo.

Pihak sekolah terutama kepala sekolah dari SMPN 4 dan SMAN 5 Konsel, sangat mengapresiasi kegiatan penyuluahn rokok yang dilaksanakan oleh tim HOTC kolaborasi dengan kelompok 18 PBL Desa Lapuko.

Respon dan tanggapan dari siswa/siswi terhadap kegiatan ini sangat baik, mereka sangat bersemanagat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan pada hari ini (Senin/31/07/2023).

Harapanya melalui kegiatan ini remaja dapat terhindar dari perilaku merokok dan remaja perokok di kecamatan moramo dapat berkurang. Selanjutnya remaja dapat memberitahukan  kepada keluarga tentang bahanya asap rokok bagi kesehatan bukan hanya bagi si perokok tapi bagi orang disekitanya, termaksud keluarnya sendiri.

Redaksi: Winarzih S. P. Seko, Narator: Sukmawati, Editor: Rosmini, Web Akun: Asri Wahyuni supported by health proz