FKM UHO Penyumbang Tenaga Kesmas Terbanyak Program Nusantara Sehat

Pada tanggl 3 Februari 2015, Kemenkes meluncurkan Program Nusantara Sehat (NS). Program ini diluncurkan sebagai salah satu prioritas kunci Kemenkes selama 5 tahun kedepan. Program NS adalah program penguatan pelayanan kesehatan primer yang fokus pada upaya promotif, preventif, dengan berbasis pada tim. Intervensi berbasis tim pada fasilitas layanan kesehatan ini merupakan suatu terobosan, karena tim-tim ditempatkan langsung diwilayah-wilayah terpencil dimana suatu sistem kegiatan bisnis akan dikembangkan di Puskesmas terpencil tersebut.

Tujuan utama program NS adalah mewujudkan layanan kesehatan primer yang dapat dijangkau oleh setiap anggota masyarakat, terutama oleh mereka yang berada di wilayah-wilayah terpencil di berbagai pelosok Nusantara.

Tim NS adalah para tenaga profesional kesehatan dengan latar belakang medis seperti dokter, perawat, bidan, tenaga kesehatan masyarakat, tenaga kesehatan lingkungan, ahli teknologi laboratorium medik, tenaga gizi, dan tenaga kefarmasian yang berusia di bawah 30 tahun (www.depkes.go.id, 2015).

Data yang bersumber dari BPPSDMK Kemenkes R.I, yang dirilis dari Tim PP IAKMI (www.iakmi.or.id), Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo (FKM UHO) merupakan salah satu institusi pendidikan penyumbang tenaga Kesehatan Masyarakat pada Program Nusantara Sehat. Dari 77 Intitusi Kesehatan tahun 2015 – 2018, Alumni FKM UHO menempati urutan kedua terbanyak sebagai penyumbang Tenaga Kesehatan Masyarakat pada Program Nusantara Sehat. Dari 536 tenaga, alumni FKM UHO menempatkan 57 orang (10,63%) sebagai tenaga kesehatan masyarakat pada Program Nusantara Sehat.

Input mahasiswa kesehatan masyarakat yang banyak berasal dari wilayah kepulauan,  terpencil,  dan perbatasan memudahkan mahasiswa bercerita dan membangun asa nusantara sehat saat menulis essay. Mereka juga memberikan traderecord positif setiap angkatan sehingga pendaftar angkatan berikutnya menjadi incaran tim seleksi.

Seluruh Dosen FKM UHO mengucapkan Terimakasih untuk kabar gembira ketulusan dan semangat pengabdian alumni untuk Nusantara Sehat. Membuat kami merasa punya arti. Tidak banyak yang bisa kami banggakan, sekedar telpon dari pelosok papua dan maluku dari mahasiswa yang pernah kami didik dan bina, membuat hati bersyukur… Kerja yang tidak seberapa ini memiliki arti. “TERIMA KASIH BANYAK ALUMNI FKM UHO UNTUK NUSANTARA SEHAT”.