Program Desa Binaan Terintegrasi PKM MBKM "Bajo Kampung Sehat"

Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo melaksanakan kegiatan program desa binaan terintegrasi dengan pengabdian merdeka belajar, Kampus Merdeka. Pengabdian Kepada Masyarakat dilaksanakan di Desa Tapulaga Kecamatan Soropiah Kabupaten Konawe, Kamis (15/06/2023)

Peserta dalam kegiatan ini adalah Ibu-ibu di Desa Tapulaga Kecamatan Soropiah dengan kegiatan Pelatihan Pembuatan Martabak Daun Kelor Program Desa Binaan Terintegrasi PKM MBKM FKM UHO. Tujuan dilaksanakan kegiatan pelatihan adalah untuk mengungkapkan bahwa daun kelor memiliki banyak khasiat, khususnya bagi kesehatan ibu hamil serta tumbuh kembang bayi dalam kandungan, tidak hanya itu kandungan daun kelor dapat mencegah potensi stunting atau kondisi gagal pertumbuhan tubuh dan perkembangan otak anak akibat kekurangan gizi.

Namun kebanyakan masyarakat dan anak-anak kurang suka dengan daun kelor, caranya mengakali supaya menjadi suka adalah dengan pelatihan pembuatan martabak daun kelor kepada ibu-ibu di Desa Tapulaga Kecamatan Soropiah.

Adapun kegiatan yang berlangsung pada hari Kamis ini menghadirkan  tim pengabdian masyarakat  antara lain:

– Ibu Ruwiah, S.P., M.Kes. (Ketua)

– Bapak Dr. suhadi, S.K.M., M.Kes. (Anggota)

– Ibu Dr. Asnia Zainuddin, M.Kes. (Anggota)

– Bapak La Ode Muhamad Sety, S.K.M., M.Kes. (Anggota)

– Ibu Arum Dian Pratiwi, S.K.M., M.Sc. (Anggota)

– Bapak Dr. Syawal Kamiluddin Saptaputra, S.K.M., M.Sc. (Anggota)

– Nur Hasanah (Mahasiswa)

– Aswinda Darwis (Mahasiswa)

Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, diharapkan dapat mengedukasi masyarakat Desa Tapulaga Kecamatan Soropiah Kabupaten Konawe terutama ibu hamil supaya mengenal olahan sehat dari daun kelor serta mengimplementasikan ilmu secara nyata dalam upaya terwujudnya masyarakat yang sehat bebas Stunting “Kampung Bajo Sehat”.