Dosen FKM UHO Jadi Narasumber dalam Workshop Parenting BKKBN 1001 Cara Bicara Orang Tua dengan Remaja

Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan Workshop Parenting 1001 Cara Bicara Orang Tua dengan Remaja Tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara pada hari Senin s.d Rabu/ 12 s.d 14 Juni 2023 yang bertempat di Hotel Zahra Syariah Kendari.

Di masa remaja, tidak jarang orang tua mendapatkan banyak kendala dalam berkomunikasi dengan anak-anaknya. Padahal komunikasi sangat penting dalam hubungan antara orang tua dan anak.  Tidak hanya itu, peran orang tua dalam mengasuh dan mendidik anak mungkin saja tidak dapat dilakukan karena tidak adanya komunikasi yang terjalin dengan baik. Sehingga BKKBN berupaya mencari dengan mengembangkan cara-cara baru dengan mengadakan Workshop Parenting 1001 Cara Bicara Orang Tua dengan Remaja.

Adapun kegiatan Workshop ini mengundang dua Dosen FKM UHO yang ahli dalam bidangnya masing-masing sebagai narasumber diantaranya Ibu Dra. Sartiah Yusran, M.ED., Ph.D dengan topik Kesehatan Reproduksi dan Perilaku pada Remaja dan Ibu Ruwiah, SP., M.Kes. dengan topik Pemenuhan Gizi dan Pencegahan Anemia pada Remaja.

Ibu Dra. Sartiah Yusran, M.ED., Ph.D  mengatakan tujuan dari remaja perlu mempelajari kesehatan reproduksi, untuk mendapatkan informasi yang benar mengenai sistim, fungsi, peran, dan proses serta dampak reproduksi terutama memiliki sikap, tingkah laku yang bertanggung jawab mengenai proses produksi.

Diharapkan, dengan diadakan workshop parenting 1001 cara ini dapat membatu orang tua untuk memahami diri sendiri, memahami remaja serta berbagai problem yang muncul dalam kehidupan remaja dan mengetahui bagaimana pemenuhan gizi yang baik dan pencegahan anemia pada remaja. Sehingga para remaja dapat dibimbing dan dididik menjadi generasi berkualitas, yang berguna bagi diri sendiri, keluarga, masyarakat, bangsa, dan negara.