PRAKTISI MENGAJAR MATA KULIAH "MANAJEMEN RISIKO" FKM UHO

Praktisi Mengajar adalah Program yang diinisiasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia agar lulusan perguruan tinggi lebih siap untuk masuk ke dunia kerja. Program ini mendorong kolaborasi aktif praktisi ahli dengan dosen juara agar tercipta pertukaran ilmu dan keahlian yang mendalam dan bermakna antar sivitas akademika di perguruan tinggi dan profesional di dunia kerja. Kolaborasi ini dilakukan dalam mata kuliah yang disampaikan di ruang kelas baik secara luring maupun daring.

Tujuan praktisi mengajar adalah Menutup kesenjangan kompetensi lulusan baru dengan kebutuhan dunia kerja, Mendorong kolaborasi perguruan tinggi dan industri dalam menyelenggarakan pembelajaran praktis dan aplikatif, dan Meningkatkan relevansi skill lulusan perguruan tinggi Indonesia dengan kebutuhan dunia kerja dan industry.

Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo melaksanakan kuliah praktisi pada hari selasa tanggal 2 Mei 2023 dan hari Rabu, 05 Juli 2023 dalam mata kuliah Manajemen Risiko. Kegiatan ini dibuka oleh Bapak Syawal Kamiluddin Saptaputra, S.KM., M.Sc selaku Ketua Kosentrasi Kesehatan dan Keselamatan Kerja, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo. Kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi dari unsur Praktisi yang dimoderatori oleh saudari Wa Ode Siti Yuni yaitu salah satu mahasiswi Konsentrasi K3, Fakultas Kesehatan Masyarakat, Universitas Halu Oleo.

Adapun pemateri dari kegiatan ini, adalah Bapak Agus Amirudin, SE (Praktisi Ahli HSE PT. Putra Perkasa Abadi).Adapun topik yang dibawakan oleh Pak Agus Amirudin, SE (Praktisi HSE Officer PT. Putra Perkasa Abadi) antara lain:

  1. Dasar Keselatan Pertambangan
  2. Job Safety Analysis
  3. Identifikasi Bahaya dan Penilaian Risiko (IBPR)
  4. Inspeksi Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3)

Dengan adanya kuliah praktisi ini manfaat yang dapat diterima oleh mahasiswa yaitu dapat menambah pengetahuan dan memperdalam ilmu terkait K3 di tempat kerja, serta yang paling penting yaitu melatih mahasiswa untuk berpikir kritis dan jeli dalam menentukan bahaya pada setiap pekerjaan serta cara atau upaya baik menangani maupun mencegah terjadinya kecelakaan kerja maupun penyakit akibat kerja, karena tujuan dari penerapan K3 yaitu agar terwujudnya Zero Accident.

Kegiatan ini dilaksanakan secara daring menggunakan Google Meeting

Pemberian sertifikat kepada pemateri praktisi mengajar dan souvenir kepada Mahasiswa FKM UHO.

Redaksi: Winarzih S. P. Seko, Narator: Sukmawati, Editor: Rosmini, Web Akun: Asri Wahyuni supported by health proz