Bekerja Sama dengan Minat Utama KMPK S2 IKM FKKMK UGM, Peminatan AKK FKM UHO Laksanakan Kegiatan Praktikum
Praktikum Kesehatan Masyarakat adalah salah satu mata kuliah dengan beban 3 (tiga) SKS yang harus di selesaikan oleh mahasiswa Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Halu Oleo. Praktikum mahasiswa Peminatan Administrasi Kebijakan Kesehatan (AKK) dibimbing oleh Jumakil, S.KM., M.P.H, pendamping Renni Meliahsari, S.Gz, M.Kes dan Febbryanti Findayani, S.KM.
Kegiatan ini dilaksanakan bekerja sama dengan Minat Utama Kebijakan dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada yang dilaksanakan tanggal 17 – 21 Juli 2018 di Wisma UGM Kaliurang Yogyakarta. Sebagai pemateri dan pelatih adalah Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA beserta tim yaitu Dian Mawarni, S.KM., M.P.H, Candra, S.KM., M.P.H, Zahra Anggita Pratiwi S.Gz, M.P.H, Faisal Mansur, S.KM., M.P.H, dan dr. Ahmad Watsiq Maula., S.Ked.
Kegiatan praktikum diawali dengan penerimaan di Wisma UGM oleh Bapak Dr. dr. Mubasysyir Hasanbasri, MA  selaku Kepala Program Studi S2 IKM FKKMK UGM, sekaligus memberikan pengarahan dan pengantar terkait kegiatan praktikum yang akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari.
Materi yang dibahas dalam kegiatan praktikum ini adalah :
1. Praktik Manajemen terdiri dari (Analisis system dan penerapannya, Analisis klien dan kebutuhan spesifik komunitas, Apa yang dimaksud dengan program?, Peran manajer dalam program kesehatan dan Keterampilan manajer (POAC)
2. Workshop perencanaan program dengan modul District Team Problem Solving (DTPS) WHO terdiri dari (Diagram masalah (apa dan bagaimana membuatnya), Indikator program (logika dan pembuatannya), Deskripsi naratif tentang masalah dan konteksnya, Deskripsi tentang program berdasarkan analisis input – proses – output – outcome, dan mencari program dari pengalaman di tempat lain, dan Membuat prioritas program (argumentasi dalam memilih program)
3. Workshop perencanaan implementsi program (program project Libre open source) yaitu Merumuskan kegiatan ditahap persiapan (planning), Merumuskan tahap pelaksanaan (actuating), Merumuskan siapa mengerjakan apa dan costing (organizing), Merumuskan kegiatan monitoring (controlling), Merumuskan tahap evaluasi (evaluating) dan Penulisan ringkasan eksekutif (proposal argumentation)
4. Kunjungan lapangan terdiri dari Best practices dalam pengelolaan program kesehatan di institusi pelayanan kesehatan, dan Implementasi kota Sehat
Kegiatan praktikum Peminatan AKK berakhir pada tanggal 21 Juli 2018, ditandai dengan penyerahan plakat sebagai kenang-kenangan dari pihak FKM UHO kepada Minat Utama KMPK IKM FKKMK UGM, yang diserahkan oleh pembimbing praktikum kepada Kepala Program Studi S2 Ilmu Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada.